Connect with us

Ahriesonta.id

Merangkul Mereka dari KKB

Penegakkan hukum berbasis Polmas dari Kelompok Kriminal Bersenjata di Puncak Jaya Papua. Foto: ASN/2018

Galeri

Merangkul Mereka dari KKB

“The beauty and mystery of this world only emerges through affection, attention, interest and compassion… Open your eyes wide and actually see this world by attending to its colors, details and irony.” [Orhan Pamuk, Peraih Nobel Prize in Literature 2006 dan terpilih sebagai American Philosophical Society 2018]

Terbang, lalu tinggal berkali-kali di tanah Papua. Ada yang membekas di situ. Rasa kasih sayang sebagai sesama manusia, tetapi juga ada ironi.

Di dalam pesawat menuju pulau Cendrawasih saya menyaksikan orang-orang Papua modern yang tidak bisa dibedakan dari manusia Indonesia dari pulau-pulau lainnya. Ketika saya menjejakkan kaki menuju kampung-kampung di lembah antar pegunungan, kearifan begitu menyeruak sebagai Papua yang menyatu dengan alamnya.

Mereka pandai bercerita, memiliki suara yang sangat indah jika bernyanyi, dan baik. Meski masih ada dari anak-anak Papua yang berimajinasi apa itu modern. Berkali-kali hidup bersama mereka dan alamnya, senyum kita akan terkembang dalam persaudaraan yang tulus.

Ungkapan Orhan Pamuk tepatlah untuk menjelaskan semua yang ada. Keindahan dan misteri dunia ini hanya muncul melalui kasih sayang, perhatian, apa yang penting dan keharuan… buka mata anda lebar-lebar dan lihatlah dunia ini dengan memperhatikan warna, setiap bagian secara detail dan ironi.

Di balik kehangatan bersama mereka, saya-kami yang membawa marwah Tribrata, hadir agar mereka yang terus melahirkan teror di antara ironi itu bisa segera lenyap dari bumi Cendrawasih, dari bumi Indonesia.

Kami bersama Rakyat Papua terus membangun peradaban kemanusiaan menuju kemakmuran Papua, yang akan terus tertinggal jika kelompok bersenjata tidak segera dihukum sesuai perbuatannya.

Kami hadir dengan tekad:
– Berbakti kepada Nusa dan Bangsa dengan penuh ketakwaan terhadap Tuhan YME.
– Menjunjung tinggi kebenaran, keadilan dan kemanunsiaan dalam menegakkan hukum negara kesatuan republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.
– Senantiasa melindungi mengayomi dan melayani masyarakat dengan keikhlasan untuk mewujudkan keamanan dan ketertiban.

Klik untuk komentar

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × 4 =

Populer

Ke Atas